4 Cara Mengatasi Utang Piutang Tanpa Harus Gali Lubang Tutup Lubang

 Cara Mengatasi Utang Piutang Tanpa Harus Gali Lubang Tutup Lubang
4 Cara Mengatasi Utang Piutang Tanpa Harus Gali Lubang Tutup Lubang

Hampir setiap orang pernah atau saat ini sedang terjerat utang, baik ke orang maupun bank Sayangnya, hal ini kadang tidak dilakukan ke satu orang atau bank. Oleh karena itu, gali lubang tutup lubang sering menjadi alternatif cara mengatasi utang. Padahal, cara ini jelas tidak akan menyelesaikan masalah utang, kecuali menerapkan cara-cara berikut.

1. Pinjam Uang ke Keluarga
Cara pertama ini memang masih terkesan gali lubang tutup lubang. Tapi, jika Anda mencoba meminjam uang ke keluarga atau kerabat, biasanya tidak berbunga atau tenggat waktu tertentu. Jadi, uang pinjaman tersebut bisa Anda gunakan untuk melunasi utang ke lembaga keuangan yang menerapkan bunga agar tidak semakin menumpuk.

Jika utang Anda terlalu banyak, sebaiknya nominal pinjaman yang Anda ajukan sekitar 50-70% dari total utang. Kemudian, Anda harus segera melunasi utang ke keluarga Anda tersebut begitu utang-utang Anda lainnya sudah lunas.

2. Buat Anggaran Pelunasan Utang
Cara kedua adalah membuat anggaran pelunasan utang yang artinya Anda harus berhemat. Jika biasanya Anda makan dengan lauk daging, sebaiknya kurangi dan biasakan dengan tempe, tahu, dan ikan. Jika bepergian dengan jarak dekat, gunakan sepeda untuk menghemat bensin. Stop belanja pakaian bulanan dan alihkan anggarannya untuk melunasi utang.

3. Evaluasi Arus Income dan Outcome
Cara berikutnya hampir sama dengan cara ketiga yang behubungan dengan anggaran. Tapi untuk poin ini, Anda harus mengevaluasi dengan teliti besar income (pendapatan) dan outcom (pengeluaran) sehingga bisa dicari solusi agar pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan. Anda juga bisa mencoret belanjaan yang kurang penting untuk meminimalisir pengeluaran.

4. Cari Income Tambahan
Cara lainnya agar utang Anda cepat lunas adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Jika selama ini pekerjaan Anda itu PNS atau kantoran dengan gaji bulanan, Anda bisa menambah penghasilan dengan jualan online (bisa sebagai dropshipper agar tidak perlu modal dan stok barang) atau ngojek online yang waktunya fleksibel. Cukup mudah bukan?

Nah, dengan menerapkan 4 cara mengatasi utang tersebut, dijamin utang Anda akan lunas secara perlahan. Setelah itu, hindari sifat konsumsif dan biasakan menabung agar kondisi keuangan dan finansial Anda kembali membaik dan selalu sehat sehingga tidak perlu berutang lagi saat membutuhkan uang untuk keperluan mendesak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Cara Mengatasi Utang Piutang Tanpa Harus Gali Lubang Tutup Lubang"

Posting Komentar